Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Welcome to danskuyy.com

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS DI MICROSOFT WORD


Tutorial Dalam Membuat Daftar Isi Secara Otomatis dan Rapih - Dalam era globalisasi dan teknologi yang canggih pada saat ini, salah satu skill yang harus dimiliki oleh setiap orang yakni dalam menggunakan Microsoft Office. Salah satu contohnya yaitu Microsoft Word, penggunaannya sangat diperlukan untuk memperlancar dalam membuat dokumen atau laporan. Disamping itu Microsoft Word berperan sebagai aplikasi pendukung agar apa yang dikerjakan menjadi lebih rapih dan tampilan design menarik dilihat oleh dosen atau pada saat melamar pekerjaan. Kehadiran Microsoft Word saat ini sangat diperlukan, namun sayangnya setiap orang tidak sadar bahwa fasilitas yang disediakan oleh Microsoft sangat berguna, salah satunya adalah dalam membuat daftar isi secara otomatis dan rapih. Setiap orang dalam membuat Daftar Isi yang saya lihat adalah membuat titik (.) sampai ujung paragraph, padahal ada cara lain agar Daftar Isi menjadi rapih tanpa manual.

Contoh daftar isi yang biasanya digunakan oleh setiap orang:

Kata Pengantar.................................................................................................1
Daftar isi...............................................................................................................2

Contoh diatas adalah Daftar isi yang salah karena tidak rata kiri kanan dan dalam pembuatannya juga masih secara manual walaupun bisa dirapihkan.

Berikut ini adalah cara dalam membuat Daftar Isi secara otomatis dan rapih.

1. Langkah pertama adalah buka Microsoft Word anda, setelah itu mengatur ukuran kertas yang ingin digunakan seperti A4, B5, F4, dll. Disini saya akan mencontohkan pada ukuran kertas A4. Klik Page Layout pada Microsoft Word anda lalu cari Size kemudian pilih Size A4. Jika belum mengatur ukuran kertas A4, berikut ini adalah cara setting ukurannya:

Ukuran kertas A4

A. Satuan dalam mm : 210 x 297 mm
B. Satuan dalam cm   : 21,0 x 29,7 cm
C. Satuan dalam inci  : 8,27 x 11,69 inci

Kebetulan saya menggunakan format cm dalam megatur ukuran kertas A4, contohnya seperti gambar dibawah ini:

 

Walaupun anda tidak menggunakan kertas ukuran A4 tetapi sama saja dalam membuat Daftar isi otomatis, yang membedakan hanya ukuran kertasnya saja.


2. Langkah kedua adalah atur marginnya. Klik Page Layout kemudian pilih Custom Margins. Berikut ini adalah Margins yang biasa digunakan dalam menyusun laporan atau membuat makalah: 

A. Top       : 3cm
B. Left       : 4cm
C. Right    : 3cm
D. Bottom : 3cm

Contohnya seperti gambar dibawah ini:



3.  Langkah selanjutnya adalah mengatur style pada Microsoft Word. Terdapat style pada word yakni: Normal, Heading 1, Heading 2, Heading 3, Heading 4, dll. Salah satu contohnya adalah pada style Normal. Klik kanan pada style Normal kemudian pilih Modify lalu atur font dan sizenya, setelah itu klik format pada bagian bawah lalu pilih Paragraph kemudian atur pada bagian spacingnya,. lakukan hal yang sama pada Heading 1, Heading 2, Heading 3, dan Heading 4. Contohnya seperti gambar dibawah ini.



Berikut ini adalah settingannya:

A. Normal : Align Justify, Special First Line 0.6 cm, Before 24pt, After 0pt, Line Spacing 1,5 lines, Font Times New Roman Bold, Size 12.

B. Heading 1 : Align Centered, Line Spacing 1.5 lines, Before 0pt, After 6pt, Font Times New Roman Bold, Size 14.

C. Heading 2 : Align Left, Line Spacing 1.5 lines , Before 6pt , After 6pt, Font Times New Roman, Size 12.

D. Heading 3 : Align Left, Special First Line 0.6cm, Line Spacing 1.5 lines, Before 0pt, After 0pt, Font Times New Roman, Size 12.

E. Heading 4 : Align Left, Special First Line 1.5cm, Line Spacing 1.5lines, Before 0pt, After 0pt,  Font Times New Roman, Size 12.

Setelah semuanya sudah disetting maka hasilnya seperti gambar dibawah ini:


Jika pada saat klik heading 1 terdapat numbering seperti 1aaabbbccdd, maka anda harus matikan terlebih dahulu numberingnya dengan cara Klik kanan pada Heading 1 kemudian format, lalu pilih Numbering, setelah itu pilih NONE dan OK. Dan jika ingin pendahuluannya dibawah tulisan BAB I maka anda klik Shift + Enter.

3. Langkah selajutnya adalah Klik REFERENCES pada Microsoft word lalu pilih Table of Contens yang terletak dibagian sebelah kiri, kemudian pilih salah satu antara Automatic Table 1 dan Automatic Table 2. Contohnya seperti gambar dibawah ini:

 



4. Langkah selanjutnya adalah hapus saja tulisan table of contensnya sehingga Daftar isinya terlihat lebih bagus dan rapih. contohnya seperti gambar dibawah ini:

Before


After


Jika pada Heading 4 tidak kebaca maka anda tinggal klik Custom Table of Contens kemudian tambahkan pada Show levels menjadi 4. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini:


Sekian dari tutorial dalam membuat daftar isi secara otomatis dan rapih, semoga berguna untuk para pembacanya. Terimakasih